Wednesday, November 16, 2011

SIM GAGAL NPWP SUKSES

Ini kisah saya kemarin sewaktu saya pergi ke SAMSAT dan Dinas Perpajakan. Tujuan saya ke SAMSAT tidak lain adalah untuk membuat SIM-C, sedangkan tujuan saya ke Dinas Perpajakan adalah untuk mempuat NPWP. Banyak kejadian baik suka maupun duka yang telah saya alami.

Jam 07.30 saya sudah berangkat dari rumah. Sekitar pukul 08.30 saya sudah sampai di Cibinong, dimana SAMSAT berada. Sebelum daftar, saya harus melengkapi persyaratan administrasi berupa fotokopi KTP dan surat keterangan sehat dari dokter yang disimpan dalam Map berwarna biru. Semuanya dapat diperoleh di lingkungan SAMSAT. Map biru saya beli dengan harga Rp. 1.000, kemudian Surat Keterangan Sehat dapat ditebus dengan uang Rp. 20.000. Untungnya fotokopi KTP sudah punya. Oke, setelah lengkap semua kemudian daftar untuk Tes SIM-C. Setelah daftar, lalu kita harus ikut mendengarkan ceramah tentang bagaimana berkendara yang baik. Berikut fotonya.

Setelah mendengarkan ceramah tersebut, kemudian sampailah pada saat yang paling mendebarkan, yaitu Ujian Praktek. Gak tau kenapa ya, pada saat itu hati saya deg-degan. Sebelum kita melaksanakan Ujian tersebut, pak Polisi memberikan contoh. Ujian praktek yang harus kita lewati adalah, berkendara di track jalan lurus, kemudian track zig-zag, dan terakhir track lingkar 8. Motor yang bisa kita pakai ada empat. Dua motor kopling, satu motor gigi, dan satu lagi motor matic. Untuk cowok, jika menggunakan motor kopling maka punya tiga kesempatan mencoba, tapi jika menggunakan motor selain itu maka hanya punya kesempatan satu kali. Buat cewek, jika menggunakan motor gigi atau matic maka punya kesempatan tiga kali. Berikut foto-fotonya.


Coba lihat track lurus di atas, jalannya ngepas banget kan. Kelemahan saya kalo di jalan yang ngepas yaitu seringkali kehilangan keseimbangan. Bener aja, saya gagal di situ, padahal itu baru level pertama. Menyedihkan, lama-lama nunggu tapi gagal hanya dalam waktu beberapa detik. Pokoknya minggu depan harus berhasil, tidak boleh tidak.

Perjalanan dilanjutkan ke Dinas Perpajakan yang ada di daerah Kebon Pedes Bogor. Setelah sampai, kemudian saya masuk dan langsung bertanya kepada satpam yang ada disana. Ternyata untuk membuat NPWP, kita harus mengisi formulir terlebih dahulu, kemudian setelah itu diserahkan untuk di proses. Prosesnya gak lama kok, setalah nunggu sekitar 30 menit akhirnya NPWP saya sudah selesai. Horee, meskipun SIM gak dapat tapi NPWP dapat.

No comments:

Post a Comment