Monday, October 24, 2011

Wanita yang baik itu....???

Beberapa hari yang lalu aku ditanya oleh seseorang mengenai wanita yang baik itu seperti apa??? Inilah jawabannya.
Aku akan membaginya menjadi 4 konteks.

A. Sebagai Individu

Jika tinjauannya sebagai individu, maka yang menjadi parameter adalah bagaimana hubungannya dengan Allah sebagai sang Khalik dan hubungannya dengan orang lain sebagai individu. Seorang wanita yang baik akan senantiasa berusaha menjalankan segala yang diperintahkan-Nya dan menjauhi segala yang dilarang-Nya baik dalam hablum minallah-nya maupun hablum minannas-nya. Aku menggarisbawahi kata berusaha karena menurut pandangan saya, setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan baik laki-laki maupun wanita, bahkan Nabi sendiripun pernah melakukan kesalahan. Nah, setelah melakukan kesalahan tersebut, wanita yang baik akan selalu berusaha memperbaiki dirinya dengan bertaubat dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

B. Sebagai Anak

Jika tinjauannya sebagai anak, maka yang menjadi parameter adalah bagaimana hubungannya dengan kedua orang tuanya. Wanita yang baik adalah wanita yang senantiasa berbakti kepada kedua orang tuanya, tidak mengeluh ketika disuruh, tidak membantah ketika diberi pepatah, dan selalu berusaha mengabulkan keinginan baik kedua orang tuanya.

C. Sebagai Istri

Jika tinjauannya sebagai istri, maka yang menjadi parameter adalah bagaimana hubungannya dengan sang suami. Wanita yang baik adalah wanita yang senantiasa berbakti kepada suaminya namun tidak melupakan kedua orang tuanya, selalu berusaha menyenangkan suaminya baik dikala suka maupun duka serta dikala senang maupun susah.

D. Sebagai Ibu

Jika tinjauannya sebagai ibu, maka yang menjadi parameter adalah bagaimana hubungannya dengan anak-anaknya. Wanita yang baik adalah wanita yang senantiasa berusaha merawat, menjaga, dan membimbing anak-anaknya baik dalam hal akhlaknya, kesehatannya, maupun pendidikannya.

Itu pendapat saya, jika ada masukan silakan memberikan komentar.

No comments:

Post a Comment