Thursday, August 25, 2011

Setiap amal perbuatan pasti ada balasannya

Alkisah terdapat seorang anak SD yang begitu taat kepada kedua orang tuanya. Suatu hari ketika hendak pergi ke sekolah, ia tidak mendapat uang jajan sepeserpun dari kedua orang tuanya disebabkan kondisi keuangan yang sedang minim. Akhirnya ia pun pamit pergi ke sekolah tanpa membawa uang jajan.

Sepulang dari sekolah, ia merasa sangat kehausan. Sepanjang perjalanan ia melihat tukang dagang yang menjual air minum, namun ia tidak bisa membelinya. Akhirnya ia terus menahan rasa dahaganya tersebut sampai ia berhenti di depan rumah orang lain untuk meminta segelas air minum karena tak kuasa lagi menahan dahaganya lagi. Ia mengetuk pintu rumah tersebut dan mengucapkan salam. Tidak lama kemudian muncul seorang ibu pemilik rumah tersebut.

"Ibu, bolehkah saya meminta segelas air"
"Oh, sebentar ya nak, ibu akan ambilkan"

Ibu tersebut pergi ke dapur menyiapkan segelas air susu, kemudian setelah selesai ia kembali menghadapi anak tersebut.

"Ini nak, silakan diminum susu-nya"
"Terima kasih bu, kebaikan ibu tidak akan saya lupakan"

(20 tahun kemudian)

Ibu yang pernah memberikan susu tersebut terkena penyakit kanker, sehingga ia harus dibawa ke rumah sakit. Setelah sampai dan menyampaikan keluhannya, kemudian dokterpun menyarankan untuk segera dilakukan operasi. Ibu dan suaminya hanya bisa pasrah, berharap uang yang dimilikinya cukup untuk membayar biaya operasi tersebut.

Setelah operasi yang dilakukannya berhasil, kemudian kepada ibu tersebut ditunjukkan kertas tagihan biaya operasi. Ibu tersebut terkejut ketika melihat biaya operasi yang begitu besar sehingga berpikir tidak akan bisa melunasinya, namun ia lebih terkejut lagi ketika melihat tulisan yang ada di bawah nominal biaya operasi tersebut. Tulisan tersebut berbunyi "seluruh biaya operasi ibu telah dibayar dengan segelas air susu". Subhanallah, ternyata dokter yang menangani ibu tersebut adalah seorang anak SD yang dulu sempat diberikan segelas air susu oleh ibu tersebut.

Berdasarkan cerita hikmah tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa ketika kita menanam kebaikan pasti akan dibalasan dengan kebaikan pula. Hal ini senada dengan firman Allah dalam surat Al-Zalzalah ayat 7-8, yang artinya barang siapa yang mengerjakan amal kebaikan walaupun sekecil atom maka pasti Allah akan membalasnya dengan kebaikan pula, dan barang siapa yang mengerjakan amal keburukan walaupun sekecil atom maka pasti Allah akan membalasnya dengan keburukan pula. Wallahu A'lam.

No comments:

Post a Comment