Wednesday, August 16, 2017

Studi Lapangan - Museum Kebangkitan Nasional (Muskitnas)

Nama                 :    Muhammad Fathurrahman, S.Pd, M.Si
NIP                   :    199005112015041003
No. Absen         :    16
Instansi              :    Kopertis Wilayah IV
Hari/Tanggal     :    Selasa, 15 Agustus 2017

LAPORAN STUDI LAPANGAN

Instansi yang menjadi objek visitasi kami pada hari ini adalah Museum Kebangkitan Nasional yang berada di Jl. Abdul Rahman Saleh No. 26 Jakarta. Museum Kebangkitan Nasional ini berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Museum Kebangkitan Nasional ini merupakan museum sejarah yang menyajikan informasi dan koleksi benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan sejarah kebangkitan nasional. Museum ini dulunya merupakan tempat pendidikan School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) atau Sekolah Dokter Bumi Puetra yang dibangun pada tahun 1899.
Pelajar STOVIA merupakan pemuda-pemuda cerdas dari berbagai daerah yang sudah lulus ujian seleksi yang sangat ketat. Perbedaan suku, bahasa, agama dan budaya yang ada melebur menjadi satu bangsa. Gedung STOVIA menjadi tempat lahir dan berkembangnya nasionalisme yang puncaknya pada tanggal 20 Mei 1908 dengan berdirinya organisasi Boedhi Oetomo di bawah pimpinan Soetomo. Organisasi ini didirikan sebagai wadah perjuangan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Lahirnya Boedhi Oetomo menandai terjadinya perubahan bentuk perjuangan yang semula bersifat perjuangan fisik dan kedaerahan menjadi bersifat pemikiran dan nasional. Oleh karena itu, selanjutnya pada tahun 1973 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memugar gedung ini dan pada tahun 1974 diresmikanlah Gedung Kebangkitan Nasional yang kemudian dirubah namanya menjadi Museum Kebangkitan Nasional pada tahun 1984.
Museum Kebangkitan Nasional menyajikan informasi melalui ruang pamer yang disusun secara tematik, diantaranya:
1.        Ruang Politik Etis
2.        Ruang Peragaan Sekolah Kartini
3.        Ruang Kelas STOVIA
4.        Ruang Sejarah Pergerakan Nasional
5.        Ruang Dosen STOVIA
6.        Ruang Sejarah STOVIA
7.        Ruang Memorial Boedi Oetomo
8.        Asrama STOVIA

9.        Ruang Laboratium STOVIA


Ruang Asrama STOVIA dan Ruang Memorial Boedi Oetomo memiliki arti yang sangat penting bagi sejarah bangsa Indonesia. Ruang tersebut menjadi tempat lahir dan berkembangnya kesadaran berbangsa para pemuda pribumi yang kemudian menyebar ke seluruh pelosok nusantara.

No comments:

Post a Comment