Friday, October 21, 2011

Bedanya Soal PG ama Soal Essay

Beda Soal PG ama Soal Essay jika dilihat dari proses pembuatannya, proses pengerjaannya dan proses pemeriksaannya.

A. Proses Pembuatan

Membuat soal PG itu lebih susah daripada membuat soal essay. Kenapa? karena kita harus menentukan opsi jawaban yang bermutu. Bagaimana opsi jawaban tersebut bisa dibilang bermutu? ya itu sih dilihat dari efek distraktornya, dalam artian pengecohnya. Biasanya nih kalo aku bikin soal buat anak SMA, kan harus ada 5 opsi, yaitu A, B, C, D, dan E. Satu diantanya adalah jawaban benar, empat yang lain adalah jawaban yang salah. Nah keempat opsi yang salah itu gk asal bikinnnya, melainkan harus bisa mengecoh jawaban yang benar.

Kalo soal Essay sih gampang-gampang aja bikinnya. Misal, "Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pencemaran udara?" Dah jadi tuh 1 soal. Gampang kan??? Kita gk perlu bikin opsi jawaban. Hehe. Soal Essay tuh kan ada 2 macam ya, Essay tertutup dan Essay terbuka. Kalo aku bikin soal Essay sih penggabungan diantara keduanya, ada soal Essay yang sifatnya tertutup dan ada juga yang terbuka. Nah contoh soal yang tadi aku sebutkan itu adalah contoh soal Essay tertutup. Nah kalo terbukanya begini, lanjutan ke pertanyaan yang tadi ya. "Coba anda berikan solusi untuk mengatasi pencemaran udara tersebut!" Nah begitu deh.

 B. Proses Pengerjaan

Nah pada bagian ini, tinjauannya adalah siswa, karena siswa yang mengerjakan soal yang dibuat oleh gurunya. Kalo soal PG itu bisa dikerjakan dengan mengira-ngira dan menembak, tapi essay, ooo tidak bisa. Nah, selain itu kalo dilihat dari segi contek-mencontek soal PG tuh lebih gampang dibanding soal essay. Dari pengalaman sih, ada yang bikin jawaban pake kertas, ada juga yang pake kode tangan, ada juga lho yang pake kedipan mata. Hahaha, ada ada aja tuh siswa.

Kalo soal essay mah kan jawabannya panjang, jadi relatif susah tuh bagi siswa untuk saling salin menyalin jawabannya. Gk bisa tuh pake kode tangan atau kedipan mata. Kalo soalnya essay terbuka mah kan lebih ke pendapat kan ya, nah kalo misalnya jawaban siswa tuh persis banget, patut dicurigai tuh. Kemungkinan besar terjadi serah terima jawaban. (bukan jabatan ya)

C. Proses Pemeriksaannya

Memeriksa soal PG gampang banget dibanding soal Essay, karena disamping kuncinya hanya berupa A, B, C, D, atau E juga gampang dalam hal pemberian skor. Biasanya kan satu soal PG itu skornya 1 untuk setiap soal. So gampang banget.

Kalo memeriksa soal Essay, lebih ribet nih. Kenapa?? Pertama, kita harus bikin pedoman penskorannya. Tiap soal berbeda-beda dalam hal skor maksimalnya. Selain itu kita juga harus membuat kata kunci dari jawaban yang diharapkan. Dalam pemberian skornya pun kadang ada faktor subjektif, misal gara2 bagus atau tidaknya tulisan. Begitu deh analisaku.

No comments:

Post a Comment