Saturday, July 29, 2017

Pelatihan dasar cpns kamis, jumat dan sabtu, 27, 28 dan 29 Juli 2017

Assalamu alaikum wr wb.

Alhamdulillah akhirnya bisa posting lg.

Hari kamis

Agenda hari kamis kami belajar tentang kesehatan jasmani dan rohani. Bukan rohani sih istilahnya, lebih ke mental. Hal-hal yg dipelajari pertama bagaimana mengecek badannya kurus, normal atau overweight. Rumus yg digunakannya adalah

DMI = berat badan / (tinggi badan)^2

Nah klo nilai DMI nya kurang dari 18 itu berarti kurus. Klo normal 18-25. Nah klo lebih dari 25, berarti overweight. Alhamdulillah aku normal.

Trz kami juga belajar bagaimana bantuan hidup dasar (BHD). Jadi ketika ada orang yg tiba-tiba pingsan, apa yang harus dilakukan? Nah yang harus dilakukan pertama tepuk pundaknya dengan keras sambil membangunkannya, karena bisa jadi dia pura2. Lalu jika tidak ada respon lalu kita lihat sekitar kemudian amankan ke tempat yg aman. Panggil tim medis terdekat. Sambil nunggu mereka datang terus cek denyut nadi dan nafasnya. Klo ada miringkan badannya ke kanan sambil kakinya dilipet. Nah klo denyut nadi dan nafasnya gak ada kita harus lakukan CPR dan nafas buatan. Buat yang belum tau CPR itu apa, jadi dada si yang pingsan itu dipompa dgn menggunakan tangan. Hal ini dilakukan untuk mengganti fungsi kerja jantung. Untuk lebih jelasnya gmna, kalian searching lg aja ya. Oke.

Sebenernya banyak sih yang dibahas dari pertanyaan2 audiens. Termasuk ada yg bertanya ttg sel kanker. Nah di bagian ini aku nambahin apa yang aku ketahui. Jadi sel kanker (bukan kantong kering ya) itu adalah sel yang mengalami mutasi sehingga pembelahannnya sangat cepat dan tidak stabil. Penyebabnya bisa dari virus, radiasi, atau radikal bebas. Nah guys, kamu harus banyak menghindari makanan yg dipanggang atau dibakar ya, karena arangnya (yg gosongnya) itu mengandung radikal bebas. Nah radikal bebas itu sebenernya dapat diatasi dgn menggunakan anti oksidan. Anti oksidan ini banyak terdapat di buah2an, teh, dll. Vitamin C dan polifenol itu adalah contoh anti oksidan.

Kemudian dijelaskan juga tentang kesehatan mental. Aduh, aku jadi teringat teman kostan yg belum lulus2 karena dulu sempet dimarahin Dosen pembimbing di tempat umum. Udah ah, jadi sedih. Skrg udah lost kontak, mungkin dia juga malu kali. Pokoknya aku doain, semoga dia jadi orang sukses dunia akhirat.

Jumatnya nih

Jumat pagi aku dan kawan2 maen bola. Dan aaaaa tidakkk, sepatu olahragaku rusak. Padahal nanti siang tuh mau dipake untuk kegiatan baris berbaris.

Nah hari jumat itu kami belajar tata cara upacara include di dalamnya kita belajar PBB (bukan partai ya, tapi baris berbaris). Kita semua disuruh bawa baju dan sepatu olahraga.

Sesampainya di gedung TMC kami diajari dulu teori upacara sipil, plus praktek PBB seperti hadap kanan, kiri, balik kanan, cara hormat, dll. Jam 11.40 kita break untuk sholat jumat.

Mesjid tempat sholat jumat kami datangi dengan berjalan kaki. Cukup jauh memang. Tapi ya mau gmana lagi. Ada hal yg menarik selepas sholat jumat. Jadi pas keluar masjid tuh ya ada kelompok relawan yg bagi bagi makanan dan minuman buat para jamaah. Aku juga dibagi loh, tapi pas di jalan aku kasih lagi aja ke orang lain yg blum dapet makanan karena kan makananku sudah menanti di tempat diklat.

Selesai istirahat, kami berganti kostum menjadi kaos olahraga. Meskipun sepatu olahraga ku jebol (rusak) tetep aja dipake. Kami belajar baris berbaris sampai pukul 16.00. Woaah capeknya.

Malemnya aku bersama temans mencari tukang sol sepatu. Dan ternyata tidak ada. Akhirnya jalan terakhir ya pake lem power. Alhamdulillah bisa diperbaiki.

Sabtunya loh

Hari sabtu kami belajar tentang kesiap siagaan. Pematerinya adalah 2 orang polwan (udah tua ya polwan nya). Jauh dari ekspectasi seperti polwan yg di tivi.

Kami belajar teori dan praktek nya. Yg saya inget sih kita latihan jalan, supaya jalannya berwibawa.

Udah dlu deh.
Nti disambung lagee.
Buat istriku yg cantik dan sholehah, makasih ya udah datang ke wisma. Seneeeng buanget rasanya. Nanti kita ketemu lagi ya sayang.
Bubayy.

No comments:

Post a Comment